Bahasa pemograman antar programmer menjadi pembahasan yang favorite, tidak terlepas juga di kalangan kampus atau pelajar.

kali ini kita akan membahas apa sih framework itu, sebelum lebih dalam mengenai framework Codeigniter atau CI, yuk kita cari tau apa arti framework di dunia programmer.

Secara sederhana bisa dijelaskan bahwa framework adalah kumpulan fungsi (libraries), maka seorang programmer tidak perlu lagi membuat fungsi-fungsi (biasanya disebut kumpulan library) dari awal, programmer tinggal memanggil kumpulan library atau fungsi yang sudah ada didalam framerwork, tentunya cara menggunakan fungsi-fungsi itu sudah ditentukan oleh framework. Beberapa contoh fungsi-fungsi standar yang telah tersedia dalam suatu framework adalah fungsi paging, enkripsi, email, SEO, session, security, kalender, bahasa, manipulasi gambar, grafik, tabel bergaya zebra, validasi, upload, captcha, proteksi terhadap XSS(XSS filtering), template, kompresi, XML dan lain-lain.

lanjut... sekarang kita akan mengenal framework php

1.codeigniter framework

framework saat penulis kunjungi pada tanggal 20-08-2018 sedang realese codeigniter 3, dan wow akan realese codeigniter 4 "CodeIgniter is a powerful PHP framework with a very small footprint, built for developers who need a simple and elegant toolkit to create full-featured web applications." di kutip dari situs resminya di https://www.codeigniter.com/

untuk mendownloadnya bisa kunjungi disini, atau Github

download kumpulan source code codeigniter

2. laravel framework

saat pertama buka "Love beautiful code? We do too. The PHP Framework For Web Artisans" tulisan ini tidak asing lagi oleh seorang programmer php, saat Bang Aiti mengunjungi web resminya tanggal 20-8-2018 laravel rilis versi 5.6. untuk melakukan installasi silahkan cek di sini

cara installasi harus memenuhi syarat
PHP >= 7.1.3
OpenSSL PHP Extension
PDO PHP Extension
Mbstring PHP Extension
Tokenizer PHP Extension
XML PHP Extension
Ctype PHP Extension
JSON PHP Extension

perintah installasinya : composer create-project --prefer-dist laravel/laravel blog


3. Panada Framework

ada yang menarik dalam pencetus framework yang satu ini, sosok yang tidak ada basic IT.

Pertama kali yang harus kita lakukan adalah tentu saja mengunduh template Panada. Anda harus menggunakan Composer untuk mendapatkan source code Panada 2.0. Pastikan Anda sudah memasang composer dan Anda dapat menjalankan perintah berikut melalui console Anda (silahkan masuk ke folder favorit Anda untuk mengunduh source code Panada 2.0):


$ composer create-project panada/app --prefer-dist --stability=dev hello-panada;$ cd hello-panada/$ php -S localhost:8181 -t public;
4.Cakephp

dikutip dari situs resminya  "CakePHP makes building web applications simpler, faster, while requiring less code. A modern PHP 7 framework offering a flexible database access layer and a powerful scaffolding system that makes building both small and complex systems simpler, easier and, of course, tastier. Build fast, grow solid with CakePHP."

versi rilis saat penulis kunjungi berada pada versi 3.6, berikut cara installasinya di sini

5.Yii2 Framework
Yes, it is!
Yii is a fast, secure, and efficient PHP framework.
Flexible yet pragmatic.
Works right out of the box.
Has reasonable defaults.
yaps. Anda dapat menginstal Yii dengan dua cara, menggunakan manajer paket Composer atau dengan mengunduh file arsip. Yang pertama adalah cara yang lebih disukai, karena memungkinkan Anda untuk menginstal ekstensi baru atau memperbarui Yii hanya dengan menjalankan satu perintah.

Instalasi standar hasil Yii baik dalam kerangka dan template proyek sedang diunduh dan dipasang. Template proyek adalah proyek Yii yang bekerja yang mengimplementasikan beberapa fitur dasar, seperti login, formulir kontak, dll. Kodenya diatur dengan cara yang disarankan. Oleh karena itu, ini dapat berfungsi sebagai titik awal yang baik untuk proyek Anda.

selain lima framework yang saya jabarkan di atas, masih banyak framework yang bertebaran di luar sana dengan keunggulan dan gaya coding masing-masing vendor.  cukup menarik symfony, phalcon, zend framework.

Tag:
framework php yang sering digunakan, framework php terbaik 2018,perkembangan framework php, pengertian framework php, framework php yang paling mudah dipelajari,framework php terbaik, download framework php